-->

Tablet - Dosis Obat AMOXYCILLIN Amoxycillin / Amoksisilin

AMOXYCILLIN
Tablet, Sirup
(Amoxycillin / Amoksisilin)

Obat Generik : Amoxycillin / Amoksisillin
Obat Bermerek : Amoxan, Amoxil, Amoxillin, Corsamox, Farmoxyl, Abdimox, Ikamoxyl, Lactamox, Kalmoxillin, Itermoxil, Medimox, Medocyl, Mestamox, Mexylin, Mokbios, Moxlin, Novax, Nufamox, Opimox, Ospamox, Pehamoxyl, Penmox, Scannoxyl, Solpenox, Supramox, Topcillin, Wiamox, Widecillin, Xiltrop, Yusimox, Ethimox.

KOMPOSISI
Tiap tablet Amoxicillin 500 mg mengandung amoksisilina trihidrat setara dengan amoksisilina anhidrat 500 mg. Tiap tablet Amoxicillin 250 mg mengandung amoksisilina trihidrat setara dengan amoksisilina anhidrat 250 mg. Tiap sendok teh (5 ml) suspensi mengandung amoksisilina trihidrat setara dengan amoksisilina anhidrat 125 mg.

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT)
Amoxicillin (amoksisilin) merupakan senyawa penisilin semisintetik dengan aktivitas antibakteri (bakterisid) berspektrum luas. Amoxicillin efektif terhadap sebagian besar bakteri gram-positif dan beberapa gram-negatif yang patogen. Bakteri patogen yang sensitif terhadap amoxicillin adalah Staphylococci, Streptococci, Enterococci, S. pneumoniae, N. gonorrhoeae, H. influenzae, E. coli, dan P. mirabilis.
Amoksisilina kurang efektif terhadap spesies Shigella dan bakteri penghasil beta-laktamase.

INDIKASI
  • Infeksi saluran pernapasan akut dan kronik: pneumonia, faringitis (tidak untuk faringitis gonore), bronkitis, laringitis.
  • Infeksi saluran pencernaan: disentri basiler.
  • Infeksi saluran kemih : gonore tidak terkomplikasi, uretritis, sistitis, pielonefritis.
  • Infeksi lain : sepsis, endokarditis.
Pasien dengan reaksi alergi atau hipersensitif terhadap penisilin.

DOSIS
Dosis amoxicillin disesuaikan dengan jenis dan beratnya infeksi. Anak dengan berat badan < 20 kg : 20 – 40 mg/kg berat badan sehari, terbagi dalam 3 dosis. Dewasa atau anak dengan berat badan > 20 kg : 250 – 500 mg sehari. Gonore yang tidak terkomplikasi : amoxicillin 3 gram dengan probenecid1 gram sebagai dosis tunggal.

EFEK SAMPING
Pada pasien yang hipersensitif dapat terjadi reaksi alergi seperti urtikaria, ruam kulit, pruritus, angioedema dan gangguan saluran cerna seperti diare, mual, muntah, glositis dan stomatitis.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
-

INTERAKSI OBAT
Probenecid memperlambat ekskresi amoksisilin.

KEMASAN
-

KETERANGAN
HARUS DENGAN RESEP DOKTER.
Simpan pada suhu kamar (suhu di bawah 30ºC), terlindung dari cahaya. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Setelah 7 hari, amoksisilin sirup yang sudah dilarutkan tidak boleh digunakan lagi.

0 Response to "Tablet - Dosis Obat AMOXYCILLIN Amoxycillin / Amoksisilin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel