-->

Dosis dan Cara Pakai VITACID (Tretinoin 0,1%)

VITACID
(Tretinoin 0,1%)

Manfaat, Kegunaan, Penggunaan, Fungsi, Kandungan, Indikasi, Dosis, Efek Samping

KOMPOSISI
Vitacid cream mengandung asam vitamin A (Tretinoin) 0,1% dalam zat dasar krim.

INDIKASI
Indikasi Vitacid cream adalah untuk pengobatan jerawat secara topikal terutama tingkat I-III dimana terdapat banyak komedo, papel dan pustul. Tetapi tidak efektif pada kebanyakan kasus pustular yang berat dan varitas-varitas cystic nodular (acne conglobata)..

KONTRAINDIKASI
Penggunaan Vitacid cream harus dihentikan bila terjadi kepekaan yang berlebihan.

Dosis dan Cara Pakai VITACID  (Tretinoin 0,1%)
Dosis dan Cara Pakai VITACID  (Tretinoin 0,1%)

CARA PEMAKAIAN
Vitacid cream sebaiknya dapat dipakai sehari-hari, sebelum pergi tidur, pada kulit dimana terdapat jerawat. Oleskan pelan-pelan dan tipis sampai menutupi semua tempat yang terserang. Sediaan ini dapat dipakai dengan menggunakan ujung jari, kain kasa atau kapas. Apabila obat ini dipakai secara berlebihan, maka tidak akan memperoleh hasil yang lebih baik atau lebih cepat melainkan dapat terjadi kemerahan yang lebih jelas, pengelupasan atau gangguan lainnya. Pada pemakaian mungkin timbul suatu perasaan panas atau sedikit pedih yang bersifat sementara. Bila dianggap perlu untuk sementara menghentikam pengobatan atau mengurangi frekuensi pemakaian.
Baca Juga Dosis Obat Lainnya :
Pengobatan dapat dilanjutkan kembali bilamana penderita telah tahan. Selama minggu-minggu awal pengobatan seolah-olah terjadi peningkatan peradangan. Hal ini disebabkan oleh khasiat pengobatan yang bekerja pada komedo dan papel jerawat yang dalam, dimana sebelumnya tidak tampak. Pada umumnya hasil-hasil pengobatan sudah dapat dilihat setelah 2 atau 3 minggu, sedangkan hasil yang optimal dapat diharapkan setelah 6 minggu pengobatan. Sekali jerawat memberikan respon yang memuaskan perlu memelihara kemajuan ini dengan penggunaan yang dikurangi.

EFEK SAMPING
Kulit dari individu-individu tertentu yang peka dapat menjadi merah yang berlebihan, membengkak, melepuh atau mengeras. Apabila timbul efek ini pengobatan harus dihentikan sampai keadaan kulit pulih kembali atau pengobatan hendaknya disesuaikan ke suatu tempat dimana penderita masih tahan. Hipopigmentasi yang sifatnya sementara dapat terjadi karena penggunaan asam vitamin A yang berulang-ulang. Beberapa individu dilaporkan bertambah kepekaannya terhadap cahaya matahari selama pengobatan dengan asam vitamin A. Semua efek samping dari asam vitamin A dapat menghentikan pengobatan.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
Jangan dipakai pada atau dekat mata, mulut, sudut-sudut hidung dan selaput lendir. Pemakaian topikal mungkin menyebabkan erythema lokal yang berat dan pengelupasan pada tempat pemakaian. Apabila tingkat iritasi lokal terjadi, penderita hendaknya diarahkan untuk memakai obat ini secara lebih jarang. Untuk sementara menghentikan penggunaannya atau menghentikan sama sekali penggunaannya. 
Asam vitamin A dapat menimbulkan iritasi yang berat pada kulit yang eksim dan harus digunakan dengan sangat berhati-hati pada penderita dengan keadaan ini. Hati-hati bila digunakan bersama-sama dengan zat keratolitik seperti asam salisiat, sulfur dan lain-lain. 
Kontak dengan cahaya matahari harus dihindari sedapat mungkin selama penggunaan Vitacid cream. Adalah berguna menutupi tempat yang diobati dengan suatu olesan yang tipis BAHAN PENOLAK SINAR ULTRA VIOLET (PABANOX CREAM) pada siang hari. Penderita dengan kulit yang terbakar oleh cahaya matahari harus disembuhkan dahulu sebelum memakai obat ini. Penggunaan pada wanita hamil hanya bila benar-benar diperlukan karena belum ada data-data yang memadai mengenai keamanan penggunaan pada wanita hamil.

INTERAKSI OBAT
Dengan sinar ultra violet dan obat-obatan yang mengandung bahan pengelupas seperti sulfur,resorcinol, asam salisilat dan benzoil peroksida.

KEMASAN
Krim, tube alumunium 20 g.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel