-->

Dosis VOMETA Suspensi (Domperidone)

VOMETA
Suspensi
(Domperidone)
Manfaat, Kegunaan, Penggunaan, Fungsi, Kandungan, Indikasi, Dosis, Efek Samping

KOMPOSISI
Tiap 1 sendok takar (5 ml) Vometa suspensi mengandung Domperidone 5 mg.

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT)
Domperidone merupakan antagonis dopamin yang mempunyai kerja antiemetik (anti muntah). Efek antiemetik dapat disebabkan oleh kombinasi efek periferal (gastrokinetik) dengan antagonis terhadap reseptor dopamin di kemoreseptor trigger zone yang terletak di luar sawar darah otak di area postrema.

Pemberian peroral Domperidone menambah lamanya kontraksi antral dan duodenum, meningkatkan pengosongan lambung dalam bentuk cairan dan setengah padat pada orang sehat, serta bentuk padat pada penderita yang pengosongannya terlambat dan menambah tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah pada orang sehat.
INDIKASI
Dewasa : (1.) Mual-muntah akut. Tidak dianjurkan pencegahan rutin pada muntah Setelah operasi. (2.) Mual dan muntah disebabkan oleh pemberian levodopa dan bromokriptin lebih dari 12 minggu. (3.) Pengobatan simtomatik dispepsia fungsional. Tidak dianjurkan untuk pemberian jangka lama. (4.) Mual-muntah pada kemoterapi kanker dan radioterapi.
Dosis VOMETA  Suspensi  (Domperidone)
Dosis VOMETA  Suspensi  (Domperidone)

KONTRAINDIKASI
Pasien dengan intoleransi terhadap obat ini. Pasien dengan prolaktinoma, tumor hipofisis yang mengeluarkan prolaktin.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
Hati-hati penggunaan pada wanita hamil dan menyusui. Tidak dianjurkan penggunaan jangka panjang. Hati-hati penggunaan pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal.

EFEK SAMPING
Jarang dilaporkan: sedasi, reaksi ekstrapiramidal distonik, parkinson, tardive dyskinesia (pada pasien dewasa dan usia lanjut) dan dapat diatasi dengan obat antiparkinson. Peningkatan prolaktin serum, sehingga menyebabkan galaktorea dan ginekomastia. Mulut kering, sakit kepala, diare, ruam kulit, rasa haus, cemas dan gatal.

INTERAKSI OBAT
Domperidone mengurangi efek hipoprolaktinemia dari bromokriptin. Pemberian obat antikolinergik muskarinik dan analgetik apioid secara bersamaan dapat mengantagonisir efek Domperidone. Pemberian antasida secara bersamaan dapat menurunkan bioavailabilitas Domperidone. Efek bioavailabilitas dapat bertambah dari 13% menjadi 23% bila diminum 1,5 jam sesudah makan.

DOSIS
Dewasa
Dispepsia fungsional : 10 – 20 mg, 3 kali sehari dan 10 20 mg sekali sebelum tidur malam, tergantung respon klinik. Pengobatan jangan melebihi 12 minggu.

Mual dan muntah (termasuk yang disebabkan oleh levodopa dan bromokriptin):
10 – 20 mg, dengan interval waktu 4 – 8 jam.

Anak-anak
Mual dan muntah (sehubungan kemoterapi kanker dan radio terapi):
0,2 – 0,4 mg/kgBB sehari dengan interval waktu 4 – 8 jam. Obat diminum 15 – 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur malam.

KEMASAN
Vometa suspeni: botol @ 60 ml. Vometa tablet: kotak, 5 blister @ 10 tablet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel