Dosis Obat Fluimucil (Acetylcysteine)

Fluimucil
(Acetylcysteine)

KOMPOSISI
Tiap 1 sendok takar (5 ml) mengandung N-acetylcysteine 100 mg.

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT)
N-acetylcysteine adalah derivat asam amino alamiah cysteine. N-acetylcysteine mempunyai aktivitas fluidifikasi melalui gugus sulfhidril bebas pada sekret mukoid atau mukopurulen dengan cara memutus jembatan disulfida intramolekul dan intermolekul dalam agregat glikoprotein. N-acetylcysteine mempunyai toleransi intestinal yang baik, cepat diabsorpsi sesudah pemberian oral dan didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk paru.

INDIKASI
Fluimucil dry syrup diindikasikan sebagai terapi penyakit saluran pernapasan yang ditandai dengan adanya sekret mukoid dan mukopurulen, seperti pada bronkitis akut, bronkitis kronis, emfisema, mukovisidosis, dan bronkiektasis.
Dosis Obat Fluimucil (Acetylcysteine)
Dosis Obat Fluimucil (Acetylcysteine)

Baca Juga Dosis Obat Lainnya :
  1. Dosis Obat FOLAVIT (Folic Acid / Asam Folat)
  2. DOSIS OBAT FOLAMIL GENIO Kapsul Lunak
  3. Dosis Obat FULADIC Sodium Fusidat 2%
  4. Dosis Obat GLAVUS (Vildagliptin)
  5. DOSIS OBAT GARAMYCIN Krim, Salep (Gentamicin Sulfate)
  6. Dosis Obat Gentamicin Salep Kulit (Gentamicin)
KONTRAINDIKASIHipersensitif atau alergi terhadap N-acetylcysteine.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
Selama pengobatan, penderita asma harus dimonitor, pengobatan dihentikan bila ada tanda-tanda bronkospasme.Bau sulfur yang ada, bukan tanda dari kerusakan obat, hanya merupakan sifat zat berkhasiatnya. Pada penderita dengan riwayat gastritis, sebaiknya diberikan setelah makan. Tidak dianjurkan untuk penderita diabetes melitus atau dapat diberikan bila kadar glukosanya terkontrol dalam batas normal.

Pada beberapa penelitian baik pada hewan maupun manusia menunjukkan pemberian N-acetylcysteine tidak menimbulkan efek teratogenik maupun efek samping berbahaya, akan tetapi selama kehamilan dan menyusui pemberian Fluimucil harus dibawah pengawasan dokter, dokter mengevaluasi rasio risiko dan manfaatnyauntuk beberapa kasus. Beritahukan kepada dokter jika anda diduga hamil atau berencana untuk hamil. Pemberian Fluimucil, khususnya pada awal treatment, dapat mengencerkan sekresi bronchial, dengan demikian secara bersamaan dapat meningkatkan volumenya.

EFEK SAMPING
Kadang-kadang gangguan gastrointestinal ringan.Reaksi hipersensitivitas atau alergi seperti urtikaria dan bronchopasme.

INTERAKSI OBAT
- Tidak dicantumkan di dalam brosur -

DOSIS
Cara melarutkan: (1.)Tambahkan air sampai tanda (garis merah). (2.)Tutuplah botol rapat-rapat, kemudian kocok botol dalam keadaan terbalik. (3.) Setelah dikocok permukaan syrup akan teriihat dibawah tanda. (4.) Tambahkan air lagi sampai batas tanda. (5.) Kocok sampai homogen. (6.) Setelah dicampur, sirup digunakan maksimal 12 hari.

Dewasa : 10 ml syrup, setara dengan 200 mg N-acetylcysteine, 2-3 kali sehari. Anak-anak : 5 ml syrup setara dengan 100 mg N-acetylcysteine, 2-4 kali sehari sesuai dengan usia. Anak usia ‹ 2 tahun: 100mg/hari. Anak usia 2 - 4 tahun: 200 mg/hari. Anak usia › 4 tahun: 300 mg/hari.

Perhatian : Jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan tanpa saran dari dokter. Lama pengobatan 5 – 10 hari.

KEMASAN
Dus, botol berisi dry syrup netto 75 ml. Dus, botol berisi dry syrup netto 150 ml.

PENYIMPANAN
Simpan pada suhu kamar (25°C – 30°C).

Subscribe to receive free email updates: