Dosis Obat CANDISTIN (Nystatin)

CANDISTIN
(Nystatin)

Obat Generik : Nystatin / Nistatin
Penyakit Terkait : Oral Thrush

KOMPOSISI
Tiap 1 ml mengandung : Nystatin 100.000 IU.

FARMAKOLOGI
Nystatin adalah antifungal (obat anti jamur) yang berasal dari Streptomyces noursei. Aktifitas anti jamurnya diperoleh dengan cara mengikatkan diri pada sterol membran sel jamur, sehingga permeabilitas membran sel tersebut akan terganggu dan komponen intraselular dapat hilang.

Nystatin mempunyai aktifitas fungisidal dan fungistatika terhadap berbagai jenis ragi (yeast) dan jamur (fungi) termasuk Candida (Monilia) spp, akan tetapi tidak aktif terhadap bakteria, virus, atau protozoa.

Setelah pemberian per oral, nystatin hanya sedikit diabsorpsi dari saluran cerna. Pada dosis yang dianjurkan, tidak akan terdeteksi dalam darah. Hampir seluruhnya diekskresi melalui feses dalam bentuk tidak diubah.
Dosis Obat CANDISTIN  (Nystatin)
Dosis Obat CANDISTIN  (Nystatin)

Baca Juga Dosis Obat Lainnya :
  1. Dosis Obat CAPTOPRIL (Captopril)
  2. Dosis Obat CATAFLAM (Diclofenac Potassium)
  3. DOSIS OBAT CEDOCARD Tablet (Isosorbide Dinitrate)
  4. CEFADROXIL (Cefadroxil / Sefadroksil)
  5. DOSIS OBAT CEFAT (Cefadroxil)
  6. Dosis Obat CEFIXIME (Cefixime/Sefiksim)
INDIKASI
Pengobatan candidiasis pada rongga mulut.

DOSIS
Bayi
Dosis yang dianjurkan adalah 4 x 1-2 ml sehari. Dalam studi klinis terbatas pada bayi prematur dan bayi dengan berat badan kurang, disebutkan bahwa dosis 4 x 1 ml sehari sudah efektif.

Anak dan Dewasa
Dosis yang dianjurkan 4 x 1 – 6 ml diteteskan ke dalam mulut dan ditahan untuk beberapa waktu sebelum ditelan. Pemberian pada bayi dan anak-anak : ½ dosis diteteskan pada masing-masing sisi mulut.

Pengobatan sebaiknya dilanjutkan hingga 48 jam setelah gejala-gejala hilang dan kultur normal kembali. Bila keluhan dan gejala memburuk atau menetap (hingga 14 hari setelah pengobatan) penderita harus direevaluasi dan dipertimbangkan untuk diberikan pengobatan alternatif.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
Dianjurkan untuk melakukan KOH smear, kultur, atau metoda diagnosa lainnya untuk menegakkan diagnosa candidiasis dan bukannya infeksi karena patogen lainnya. Walaupun sudah terjadi perbaikan gejala pada awal pengobatan, pengobatan harus tetap diteruskan sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan digunakan untuk pengobatan mikosis sistemik. Hentikan pengobatan bila terjadi iritasi atau sensitisasi. Pemberian pada wanita hamil dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat dan risikonya terhadap janin. Hati-hati bila diberikan pada wanita menyusui.

EFEK SAMPING
Pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Kadang-kadang dapat dijumpai efek samping seperti diare, mual, muntah, dan gangguan gastrointestinal. Jarang terjadi ruam, termasuk urtikaria dan jarang sekali ditemukan Steven Johnson Syndrome. Dosis oral lebih dari 5.000.000 IU sehari dapat menyebabkan mual dan gangguan gastrointestinal.

KONTRAINDIKASI
Penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap Nystatin.

KEMASAN
Candistin, Dus, Botol @ netto 12 ml yang dilengkapi dengan pipet penetes.

PENYIMPANAN
Simpan di tempat kering dan sejuk (15 – 25) º C. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

KETERANGAN
P. No. ! Awas! Obat Keras! Bacalah Aturan Pemakaian

Subscribe to receive free email updates: