Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Salah satu keinginan seseorang agar bisa tampil maksimal dan sempurna adalah memiliki berat tubuh yang porposional dan ideal. Yahh memang sebenarnya susah sekali mendapatkan berat badan yang ideal ini, namun dengan tekat dan kemauan semua hal yang susah akan teratasi.

Nah mungkin untuk mencapai berat badan yang diinginkan, kita terhambat oleh tubuh yang terlalu kurus, ataupun terlalu gendut/obesitas. Oke bagi anda yang memiliki masalah tubuh kurus anda dapat mengatasinya dengan membaca artikel Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, semoga masalah kurusnya bisa teratasi.

Dan bagi anda yang terlalu gemuk anda dapat mencoba metodediet ala Deddy Corbuzier (OCD), Atau Melalui Cara Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah, agar nantinya berat badan anda menjadi proporsional dan ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Untuk kategori menurunkan berat badan (diet), biasanya seseorang akan susah sekali menjalankannya, bahkan tak banyak pula yang memakai bantuan 0bat pelangsing, namun tetap saja tidak berhasil.


Cara menghitung berat badan yang ideal menggunakan Rumus
Rumusnya adalah:
Berat ideal tubuh = (tinggi badan seseorang – 100) x 90%.
Sebagai Contoh penyelesaian kasus: jika anda adalah seseorang dengan tinggi postur tubuh 155 cm, maka berat badan anda dapat dihitung sbb:
Berat ideal = (155-100) X 90%
Selesaikan dalam kurung dahulu: 155-100 = 55
Lalu hasilnya adalah 55 x 90%= 49,50
jadi berat badan ideal anda adalah 49,50 kg.

Untuk metode penghitungan cara ini, apabila anda memiliki berat badan yang lebih besar dari 10 hingga 20 persen, dari seharusnya berat badanideal anda maka anda dapat dikatakan kelebihan berat badan. Namun jika berat yang anda punya adalah melebihi angka 20 persen dari berat ideal, anda termasuk seseorang yang obesitas atau kegemukan.

Dan jika berat badan anda semua menunjukan 10 persen dari kurang berat badan ideal, anda masuk kedalam kategori orang kurus, solusinya adalah menambah asupan makanan yang bergizi ( menambah berat badan).

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan metode hitung index tubuh.
Rumus :
  • BDI= BB: KTB (hitungan tinggi meter)
keterangan:
  • BDI= berat badan ideal seseorang
  • BB= berat badan
  • KTB= Kuadrat tinggi Badan dengan satuan hitung meter. 
Contoh penyelesaian masalahnya adalah sebagai berikut: anda adalah orang yang memiliki ukuran berat tubuh sebanyak 80 kg serta memiliki tinggi badan 1,70 meter. Maka hitungan berat badan ideal yang anda punya adalah sbb:
  • BDI = 80 kg : (1,702) = ????
  • BDI= 80 kg : 2,89 m
  • BDI= 27,68
Untuk patokannya perhitungannya ialah sebagai berikut :
  • Jika berat badan ideal kurang dari 17 (<17 )= maka anda termasuk seseorang yang sangat kurus (kekurangan Berat badan tingkat Berat)
  • Jika anda adalah 17 = maka anda memiliki kategori berat badan tinggi ringan
  • BDI 18,4 sampai 21 = adalah berat badan Normal
  • BDI 21,1 sampai 27 = kelebihan berat badan kategori tingkat ringan
  • BDI 27,1 sampai 30 = kelebihan berat badan berkategori tingkat sedang
  • Dan Jika BDI menunjukan angka >30 = anda adalah seseorang dengan kelebihan berat badan tingkat berat (kegemukan)
Oke sekian dulu pembahasan kali ini, Bagaimana cara diatas sudah cukup jelas bukan??? Semoga bermanfaat.

Oleh sebab itu menjaga berat badan sangatlah penting dan untuk menurunkan berat badan banyak yang berpendapat sangat sulit karena harus diet dan mengatur pola makanan setiap harinya.

Subscribe to receive free email updates: