VAKSIN BCG KERING Generik Injeksi (BCG)

VAKSIN BCG KERING
Generik
Injeksi
(BCG)
Manfaat, Kegunaan, Penggunaan, Fungsi, Kandungan, Indikasi, Dosis, Efek Samping

DESKRIPSI
Vaksin B.C.G. kering adalah vaksin yang mengandung kuman hidup dari biakan Bacillus Calmette & Guerin Institut Pasteur Paris No. 1173 P2.

Indikasinya adalah untuk imunisasi aktif terhadap penyakit tuberkulosis (TBC).

Seyogyanya vaksinasi BCG dilakukan sedini-dininya pada massa bayi dan vaksinasi ulangan pada anak berumur 5 – 7 dan 12 – 15 tahun.

Seseorang yang sudah tuberkulin positif, tidak ada bahayanya bila divaksinasi.
VAKSIN BCG KERING Generik Injeksi (BCG)
VAKSIN BCG KERING Generik Injeksi (BCG)

DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN
Sesudah vaksin ini dilarutkan harus segera dipakai dalam waktu 3 jam dan sisanya harus dibuang. Penyuntikan intrakutan di daerah insersi otot deltoideus dengan dosis : 
  • Bayi di bawah 1 tahun : 0,05 ml. 
  • Anak : 0,1 ml. 
Penyuntikan harus dilakukan perlahan-lahan ke arah permukaan (sangat superfisial) sehingga terbentuk suatu lepuh (wheal) berdiameter 8 – 10 mm. Dilarang menggunakan alkohol dan desinfektans lainnya pada penyuntikan BCG.

REAKSI DAN KOMPLIKASI 
Imunisasi BCG tidak menyebabkan reaksi yang bersifat umum seperti demam.

Reaksi yang dapat terjadi adalah : 

  1. Reaksi Lokal. Satu sampai dua minggu kemudian timbul penonjolan dan kemerahan kulit di tempat suntikan yang berubah menjadi bisul (pustul), kemudian pecah menjadi ulkus dan akhirnya sembuh spontan dalam 8 – 12 minggu, dengan meninggalkan tanda parut. Luka tersebut tidak memerlukan pengobatan. 
  2. Reaksi Regional. Kadang-kadang terdapat pembesaran kelenjar ketiak dan atau leher, terasa padat, tidak sakit, dan tidak menimbulkan demam. Reaksi ini adalah normal yang disebut BCG-itis, tidak memerlukan pengobatan dan akan menghilang dalam waktu 3 – 6 bulan. 
Komplikasi yang dapat terjadi adalah : 
Baca Juga Dosis Obat Lainnya :
  1. Abses. Abses dapat timbul di tempat suntikan pada anak-anak di atas 1 tahun atau dewasa. Hal ini disebabkan oleh suntikan terlalu dalam (subkutan). Abses bersifat tenang (cold abcess), tidak memerlukan pengobatan dan akan sembuh spontan meskipun lambat. Bila abses sudah matang (merah, fluktuasi, kulit tipis), sebaiknya diaspirasi, jangan dilakukan insisi. 
  2. Limfadenitis supuratif. Limfadenitis supuratif dapat terjadi pada bayi atau anak-anak di bawah 2 tahun disebabkan oleh suntikan terlalu dalam atau dosis terlalu tinggi. Proses ini bersifat tenang, tidak memerlukan pengobatan, dan akan menyembuh dalam waktu 2 – 6 bulan sesudah divaksinasi. Apabila proses sudah matang (merah, fluktuasi, kulit tipis) sebaiknya diaspirasi, jangan diinsisi atau ekstirpasi. 
KONTRAINDIKASI
Meskipun tidak ada kontraindikasi mutlak, tetapi sebaiknya vaksinasi BCG ditangguhkan bila ada penyakit akut dengan panas tinggi dan penyakit kulit yang berat.

KEMASAN
Vaksin BCG Kering, dus berisi 10 ampul vaksin BCG dan dus berisi 10 ampul pelarut.

KETERANGAN
HARUS DENGAN RESEP DOKTER
Vaksin harus disimpan pada suhu di bawah 5ºC dan terhindar dari sinar matahari langsung maupun tidak langsung (indoor day-light). Pengangkutan diusahakan dalam keadaan dingin, misalnya dengan tempat/termos yang diisi es.

Subscribe to receive free email updates: