PRONALGES (Tablet Salut Enterik), Indikasi & Dosis

PRONALGES
(Tablet Salut Enterik)
Manfaat, Kegunaan, Penggunaan, Fungsi, Kandungan, Indikasi, Dosis, Efek Samping

KOMPOSISI
Pronalges 50 mg : tiap tablet salut enterik mengandung Ketoprofen 50 mg. Pronalges 100 mg : tiap tablet salut enterik mengandung Ketoprofen 100 m.

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT)
Ketoprofen adalah derivat asam propionat yang termasuk golongan senyawa antiinflamasi non-steroid (NSAIDs) yang memiliki kasiat sebagai antiinflamasi, analgetik, dan antipiretik yaitu dengan cara menghambat sintesa prostaglandin. Ketoprofen dapat menghambat sintesa prostaglandin pada jaringan tubuh dengan cara menghambat siklooksigenase, yaitu suatu enzim yang mengkatalisa pembentukan prostaglandin (endoperoksid) dari asam arakhidonat.

INDIKASI
Ketoprofen digunakan untuk : (1.) Efek analgetik dan antiinflamasi pada pengobatan simtomatik dari reumatik artritis dan osteoartritis akut dan kronis. (2.) Mengurangi nyeri setelah operasi (termasuk operasi gigi), postpartum, dan ortopedik.
PRONALGES (Tablet Salut Enterik), Indikasi & Dosis
PRONALGES (Tablet Salut Enterik), Indikasi & Dosis
KONTRAINDIKASI
Hipersensitif atau alergi terhadap Ketoprofen. Penderita ulkus peptikum. Penderita asma, urtikaria, atau reaksi sensitivitas lain yang ditimbulkan oleh aspirin, atau NSAIDs lain, dilaporkan terjadi reaksi anafilaktik gawat, seringkali fatal.
Fungsi hati haru s terus dimonitor selama pemakaian Ketoprofen jangka panjang. Hati-hati bila digunakan pada penderita yang mendapat pengobatan antikoagulan, karena Ketoprofen akan menghambat fungsi platelet. Hati-hati bila digunakan pada penderita kegagalan jantung, hipertensi, dan kondisi lain yang berkaitan dengan retensi cairan. Hati-hati bila digunakan pada wanita hamil atau menyusui kecuali bila sangat diperlukan. Keamanan dan efektivitas penggunaan pada anak-anak belum diketahui.

EFEK SAMPING
Efek samping Ketoprofen terutama pada saluran pencernaan sebelah atas. Efek samping yang paling umum terjadi adalah dyspepsia, mual, muntah, nyeri pada perut, pusing, sakit kepala, tinnitus, gangguan penglihatan, rash, dan kegagalan fungsi ginjal.

INTERAKSI OBAT
  • Obat yang terikat pada protein, karena Ketoprofen sangat terikat pada protein sehingga dapat menggantikan tempat ikatan dari obat atau tempat ikatan dapat digantikan oleh obat yang terikat pada protein lainnya.
  • Obat trombolitik (misalnya streptokinase) atau antikoagulan (misalnya warfarin) karena Ketoprofen dapat menyebabkan perdarahan pada saluran cerna, menghambat agregasi platelet dan memperpanjang waktu perdarahan.
  • Diuretik. Pasien yang menerima diuretic mempunyai risiko berkembangnya gagal ginjal sekunder yang semakin besar, yaitu penurunan aliran darah ginjal sebagai akibat penghambatan prostaglandin oleh NSAIDs, termasuk Ketoprofen.
  • Salisilat. Pemberian bersama-sama akan mengurangi ikatan protein Ketoprofen dan klirens dalam plasma meningkat. Salisilat juga mengurangi konjugasi Ketoprofen total dan klirens plasma Ketoprofen bebas. Probenesid akan menghambat konjugasi Ketoprofen dan ekskresi ginjal konjugat Ketoprofen.
  • Metotreksat. Pemberian bersama-sama dapat menyebabkan toksisitas yang gawat, seringkali fatal.
  • Litium. Seperti NSAIDs, Ketoprofen dilaporkan dapat meningkatkan konsentrasi Ketoprofen.

DOSIS
Rheumatoid arthritis dan osteoarthritis : 50 mg, 4 kali sehari atau 100 mg, 2 kali sehari. Dosis yang lebih rendah dapat diberikan pada pasien yang kondisinya lemah atau pasien usia lanjut.

Nyeri : 25 – 50 mg setiap 6 – 8 jam bila diperlukan. Dosis yang lebih rendah dapat diberikan pada pasien yang kondisinya lemah atau usia lanjut atau penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati.

KEMASAN
Pronalges 50 mg : Dus, 5 strip @ 10 tablet salut enterik. Pronalges 100 mg : Dus, 5 strip @ 10 tablet salut enterik.

Subscribe to receive free email updates: