Sumber/Fungsi Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 merupakan anggota pertama dari suatu kelompok vitamin-vitamin yang disebut B-kompleks. Vitamin B1 larut dalam air, tidak larut dalam minyak dan dalam zat-zat pelarut lemak, stabil terhadap pemanasan pH asam, tetapi terurai pada suasana basa atau netral.

Metabolisme
Tiamin mudah larut dalam air, sehingga didalam usus halus mudah diserap kedalam mukosa. Didalam sel epitel mukosa usus thiamin diphosphorylasikan dengan pertolongan ATP dan sebagai TPP dialirkan oleh vena porta ke hati. Thiamin dieskresikan didalam urine pada keadaan normal, eskresi ini parallel terhadap tingkat konsumsi, tetapi pada kondisi defisien hubungan parallel ini tidak lagi berlaku.

Baca Artikel Vitamin Lainnya
Sumber/Fungsi Vitamin B1 (Tiamin)
Sumber/Fungsi Vitamin B1 (Tiamin)

Fungsi
Fungsi dari vitamin ini yaitu sebagai koenzim. Tiamin dibutuhkan untuk dekarboksilasi oksidatif. Tidak ada keuntungan memakan tiamin melebihi kecukupan yang dianjurkan, karene kelbihan akan diekskresi.

Kekurangan tiamin biasanya terjadi pada rakyat miskin yang menderita gangguan gizi, pada penyakit kronos dan anoreksia, kecanduan alkhol kronis, dan gangguan absorpsi. Dapat menyebabkan pula beri-beri basah dan beri-beri kering, beri-beri basah ditandai oleh sesak nafas dan edema setelah mengalami rasa lelah yang berkepanjangan dan tanda-tanda ini menunjukkan kegagalan jantung.

Beri-beri kering ditandai oleh kelemahan otot luar biasa dan degenerasi syaraf perifer yang dapat berlanjut dengan kelumpuhan kaki. Gejala awal adalah nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sukar kebelakang, lelah, rasa semutan, berdebar-debar dan refleks berkurang.

Subscribe to receive free email updates: